Jangan Panik! Ini Solusi Keuangan Bisnis Bisa Tertata

 

Banyak sekali pengusaha yang membiarkan usahanya jalan begitu saja, asalkan penjualan dan labanya banyak, berarti usaha tersebut sudah baik dan maju. Tanpa disadari pengusaha tersebut tidak punya laporan keuangan yang dapat berguna sebagai bahan evaluasi usaha.

Padahal apabila dievaluasi, laba yang banyak tersebut bisa saja digunakan untuk Scale Up atau mengembangkan usaha sehingga akan tercipta laba yang lebih banyak lagi.

Lalu apa yang harus dilakukan pengusaha untuk mengatasi hal tersebut? 

 

Pisahkan Modal Bisnis dan Keuntungan Usaha

Pemisahan antara modal dan keuntungan ini sangat penting, karena untuk mengetahui sejauh mana bisnis bisa berkembang, dan seberapa besar menghasilkan laba.

Selain itu dengan pemisahan ini adalah untuk mengetahui apakah ada yang salah dari kondisi keuangan bisnis yang sedang berjalan.

Dalam dunia akuntansi, terdapat laporan neraca  yang digunakan untuk mengetahui besar modal dan laporan laba rugi yang digunakan untuk mengetahui besaran laba atau rugi yang diperoleh usaha.

 

Manfaat yang diperoleh

  1. Keuangan usaha dapat diketahui dengan jelas. Karena apabila sebuah usaha memiliki laporan keuangan, maka jumlah kas, piutang, utang, harta, modal, sampai laba pun dapat diketahui dengan jelas.

  2. Perkembangan usaha dapat dicapai, hal ini dapat dievaluasi melalui analisis dari laporan-laporan keuangan usaha, terutama laporan arus kas yang menggambarkan aliran kas usaha dalam periode tertentu

  3. Dapat digunakan untuk mengambil keputusan. Setelah laporan keuangan sudah dievaluasi dan dianalisis, maka dapat disimpulkan akan diambil keputusan yang seperti apa berdasarkan kondisi sebuah usaha.

Bisa saja apakah akan mengembangkan usaha, buka cabang, atau malah mengurangi produksi

 

Bagaimana Sobat KJA ASP, apakah sudah mengerti sekarang? Jadi jangan ragu lagi untuk menata keuangan usaha Anda apabila ingin usaha cepat maju dan berkembang.

Informasi mengenai pencatatan keuangan, laporan keuangan, bahkan manajemen bisnis silakan hubungi kontak kami berikut dan manfaatkan konsultasi gratis kami.

 

WA : https://wa.me/6281226924491

Instagram : https://bit.ly/instagramkjaasp_official

Facebook : https://bit.ly/facebookKJAASP

Web : https://www.kjaatik.id/

Tiktok : https://bit.ly/tiktokkjaasp_official

Youtube : https://bit.ly/youtubeKJAASP