Pebisnis Harus Tahu! Alasan Kenapa Pemisahan Uang Bisnis dan Pribadi Itu Penting

Sobat KJAASP setiap harinya pasti sudah sering melihat dan mengendarai motor atau mobil. Pernahkah kita bertanya, kenapa di motor dan mobil ada dashboard? Dashboard pada motor adalah indikator yang memberi tahu kita tentang kecepatan dan ketersediaan bahan bakar. Di dashboard mobil, lebih banyak informasi yang di berikan, mulai dari kecepatan, bahan bakar, dan suhu. Bahkan, kita bisa tahu kalau ada pintu mobil yang belum tertutup rapat.

Dashboard adalah analogi yang cocok untuk menggambarkan pentingnya laporan keuangan dalam sebuah bisnis. Semakin besar bisnis bertumbuh, maka semakin penting untuk kita membuat laporan keuangan yang lengkap agar menjadi dashboard atau papan skor bagi bisnis kita.

Papan skor berupa laporan keuangan, setidaknya memberikan kita 3 manfaat utama, yaitu:

Sebagai Alat Ukur Pertumbuhan

Sebuah bisnis harus terus diukur dengan cara yang tepat, untuk memastikan bahwa  bisnis tersebut bertumbuh. Misalnya, dari jumlah kekayaan dan utang, banyaknya aset, atau besaran laba ruginya.

Sebagai Alat Penilaian Performa Bisnis

Bayangkan, kita adalah pemilik bisnis warung bakso. Selama ini, dari pendapatan 100%, kita mendapatkan keuntungan bersih sekitar 10%. Apakah 10% adalah nilai yang cukup baik? Untuk menjawabnya, kita perlu membandingkan dengan pemilik bisnis warung bakso sejenis. Jika mereka bisa mendapatkan margin 20%, maka pengeluaran kita mungkin masih terlalu besar.

Sebagai Alat dalam Menilai Evaluasi dari Suatu Bisnis

Jika suatu saat nanti kita berniat untuk menjual bisnis kita ke orang lain, maka papan skor keuangan adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki. Tanpa papan skor ini, akan sulit meyakinkan siapa pun untuk membeli bisnis dengan harga yang kita inginkan.

Jadi, arti dari laporan keuangan adalah papan skor yang memberikan informasi menyeluruh tentang performa bisnis. Kita butuh papan skor yang terus memberikan informasi kunci dalam pengelolaan bisnis. Semakin besar bisnis, maka semakin kompleks informasi yang diberikan oleh papan skor.

Seperti dashboard di mobil, maka kita akan tahu lebih dulu saat bensin akan habis, atau saat laju kendaraan terlalu kencang. Papan skor bisnis juga dapat membantu kita untuk menganalisis permasalahan dan risiko yang dapat terjadi. Jadi, sudah siapkah Sobat KJAASP membuat papan skor berupa laporan keuangan?

Sebelum kita beralih ke cara membuat laporan keuangan, berikut ini disajikan tips untuk membuat laporan keuangan yang baik dan benar

Catat dari mulai transaksi yang kecil

Biasakan mencatat keuangan bisnis secara menyeluruh, mulai dari transaksi yang kecil hingga yang besar. Jika mau dan mampu mencatat transaksi yang kecil, maka kita akan lebih mudah untuk mencatat keseluruhan transaksi keuangan, termasuk transaksi dengan nilai yang besar.

Disiplin dalam Mencatat

Konsistensi dan kedisiplinan adalah hal yang sangat penting dalam menyusun laporan keuangan. Pencatatan baru akan berhasil, jika seluruh data tepat dan berkesinambungan. Data yang tidak lengkap akan membuat hasil laporan keuangan menjadi tidak tepat dan berpotensi memberikan informasi yang keliru.

Pahami Makna di Balik Angka

Setelah mampu menyusun laporan keuangan, langkah berikutnya adalah memahami informasi di balik angka. Informasi tersebut menjadi dasar bagi evaluasi dan perencanaan bisnis di masa depan.

Misalnya saja tersaji kas dengan jumlah 10.000.000 dari sini bisa diprediksikan apakah cukup untuk membiayai kebutuhan-kebutuhan dari bisnis. Kemudian tersaji stok barang dengan nilai 15.000.000 apakah, maka dibuatlah prediksi akan laku dalam waktu satu bulan, yang berarti maksimal pertengahan bulan kita harus tambah stok lagi.

Atau dari sisi utang, tersaji utang sebesar 20.000.000, kita juga akan prediksi apakah dengan jumlah kas 10.000.000 cukup untuk mencicil utang atau tidak, sekaligus untuk memprediksi apakah harus menambah pendapatan untuk membantu mencicil utang tersebut.

Nah, gimana Sobat KJAASP, udah keliatan kan bagaimana pentingnya adanya laporan keuangan. Bisa digunakan untuk memprediksi kondisi keuangan bisnis kita kedepan kan? Jadi bisa diminimalisir kan adanya kerugian atau sampe kebangkrutan usaha

Kalau Sobat KJAASP masih bingung cara memulai membuat laporan keuangan untuk bisnis, dan ga pengen belajar otodidak supaya bener sekalian, serahin ke kami aja dengan menghubungi kontak berikut, dan manfaatkan konsultasi gratis dengan kami via online atau datang langsung ke kantor kami di Perumahan Permata Hijau Ketawang No A1, Mejing Lor, Ambarketawang, Gamping, Sleman 

WA : https://wa.me/6281226924491

Instagram : https://bit.ly/instagramkjaasp_official

Facebook : https://bit.ly/facebookKJAASP

Web : https://www.kjaatik.id/

Tiktok : https://bit.ly/tiktokkjaasp_official

Youtube : https://bit.ly/youtubeKJAASP