Pengusaha Wajib Tahu! Ini Dia Penghambat Scale Up Bisnis

 

Seorang pengusaha tentunya menginginkan bisnisnya tumbuh dan berkembang menjadi bisnis yang lebih maju dan lebih besar dari sekarang. Tumbuh dan berkembangnya suatu usaha bisa juga disebut dengan Scale Up. Namun tahukah Sobat KJA, apa itu Scale Up Bisnis?

Scale up bisnis adalah membuat bisnis kecil menjadi lebih besar, memiliki sistem manajemen yang lebih baik serta dapat menghasilkan keuntungan yang lebih banyak.

 

Alasan Bisnis Harus Scale Up

1. Agar bisnis tidak mengalami penyempitan pasar

Perkembangan menjadi faktor utama penyempitan pasar bisnis, karena apabila seorang pebisnis tidak mengikuti perkembangan zaman, seperti melek teknologi, konsumen dari usaha akan berkurang yang dapat menyebabkan profit menurun

2. Agar tidak terkalahkan oleh kompetitor

Persaingan bisnis menjadi faktor yang cukup berat untuk dihadapi, apabila kompetitor-kompetitor di luar sana sering evaluasi bisnis dan membuat suatu terobosan baru. Maka pebisnis yang cerdas adalah pebisnis yang tidak mau kalah dengan kompetitornya, harus melakukan scale up agar tetap bisa bersaing dan unggul dari kompetitor lain.

3. Agar profit bertambah

Profit bertambah dipengaruhi oleh besarnya pasar yang dimiliki, agar jangkauan pasar menjadi lebih besar maka sangat perlu dilakukan Scale Up bisnis, terutama dengan mengikuti perkembangan zaman dan tren yang banyak diminati pasar.

4. Agar usaha dapat maju dan berkembang

Manfaat dari dilakukannya Scale Up bisnis adalah terciptanya bisnis yang maju dan berkembang. Namun, memang banyak hal yang perlu dilakukan agar tujuan itu dapat tercapai

 

Namun, Scale Up tidak dilakukan begitu saja. Terdapat hal yang harus dihadapi agar terciptanya Scale Up yang sempurna dan sesuai tujuan.

Berikut, kami sajikan penghambat Scale Up Bisnis dan solusi

 

Penghambat Scale Up Suatu Bisnis dan Solusi yang Harus Dilakukan

1. Pasar yang kecil

Pasar yang kecil menyebabkan bisnis akan sulit maju karena akan kesulitan dalam mendapatkan konsumen yang menyebabkan rendahnya profit yang dimiliki. Rendahnya profit menandakan bahwa penjualan pun belum stabil sehingga menghambat suatu bisnis melakukan scale up.

2. Produk dan market belum sesuai

Produk tersebar pada market yang salah, atau mengira bahwa penjualan sudah besar padahal persebarannya belum secara menyeluruh. Perlu dibutuhkan data yang kredibel atau valid untuk mengetahui suatu produk tersebar secara menyeluruh. Kesalahan lain yang banyak terjadi adalah pengusaha terlalu gegabah memperbesar usaha padahal produk yang Ia miliki belum bisa diterima pasar.

3. Merasa bisnis sudah memiliki penjualan stabil

Seperti pada point 1, penjualan stabil bisa dicapai apabila kita memahami pasar dan memiliki pangsa pasar yang besar. Apabila profit kita masih naik turun dan masih sedikit, Anda belum bisa melakukan Scale Up.

4. Perpecahan internal

Melakukan Scale Up bisnis terdiri dari berbagai faktor terutama keutuhan SDM dari perusahaan. Apabila internal perusahaan saja belum utuh atau terdapat perpecahan, sebaiknya Sobat KJA memikirkan kembali apakah perlu dilakukannya Scale Up Bisnis.

 

Apabila Sobat KJA membutuhkan informasi seputar keuangan usaha atau informasi bagaimana menguatkan keuangan usaha, Silakan hubungi kontak berikut dan manfaatkan konsultasi gratis.

No Telepon : (0274) 583286

WhatsApp  : 081226924491

Youtube      : Kantor Jasa Akuntan ASP

Instagram  : @kjaasp

TIiktok       : @kjaasp

Facebook    : KJA Atik Sri Purwantiningsih